Blog-nya Urang Bandung Euy!

Bandung adalah ibukota Propinsi Jawa Barat. Terletak 180 km ke arah tenggara dari Jakarta. Mau tau lebih banyak tentang Bandung? Di sini:

Saturday, September 16, 2006

Gampoeng Aceh


Introduction
Nama tempatnya sih Gampoeng Aceh, atau mungkin bisa saja disebut Kampung Aceh. Dari namanya saja kita udah bisa nebak kalo tempat makan yang satu ini pastinya nyediain menu-menu masakan asal Aceh. Dari segi rasa, tidak jauh berbeda dengan masakan-masakan dari Sumatera sana. Tapi apa ngga salah tuh? Soalnya kita kan tinggal di Bandung. Apa kita mau dijejelin masakan dari Aceh yang jauh? Untuk jawabannya, mendingan tongkrongin aja ini tempat tiap malem (apalagi kalau malem Minggu). Dijamin banyak orang yang dateng deh. Artinya, para Bandungers punya pilihan laen selain masakan Sunda melulu. Lagian apa salahnya nyobain gimana rasanya masakan khas Aceh kaya Nasi Gurih, Mie Goreng Aceh, Roti Cane dan lain-lain.

Rasa
Masakan Sumatera pada umumnya dan Aceh pada khususnya terkenal karena rasa pedasnya. Dengan racikan bumbu yang sedikit berbeda dengan masakan Sunda yang tidak begitu pedas (malah orang Sunda lebih seneng ke manis), menjadikan masakan khas Aceh memiliki rasa pedas yang khas. Namun di Gampoeng Aceh, tidak semua makanan berasa pedas. Ada juga yang memiliki rasa asin seperti Martabak Aceh. Atau yang manis-manis seperti Roti Cane yang dikreasikan dengan susu, keju, dan gula. Jajaran minuman yang ditawarkan memang tidak banyak. Mungkin yang khas adalah Kopi Aceh dan Teh Tarik. Selain menu utama juga tersedia menu makanan penutup seperti Sop Buah dan Rujak manis.

Harga

Dengan variasi harga yang tidak begitu mahal (yang termahal adalah Mie Goreng / Rebus / Tumis Aceh Istimewa Rp. 25.000,-) menjadikan Gampoeng Aceh sebagai tempat nongkrong pilihan bagi para Bandungers. Bahkan dengan duit 7000 perak kita udah dapet ngerasain Mie Goreng Aceh yang memiliki bentuk dan rasa mie yang lain daripada mie goreng lainnya di Bandung.

Lokasi
Gampoeng Aceh berlokasi di Jl. Ir. H. Djuanda No. 151A, atau yang kita kenal sebagai Jalan Dago. Tepat di sebelah toko sepatu Edward Forrer. Tidak sulit untuk menemukan Gampoeng Aceh. Jika kita mengendarai mobil dari arah Dago bawah, letaknya ada di sebelah kiri jalan. Jika kita datang dari arah atas (Pasar Simpang), letaknya ada di sebelah kanan jalan. Bagi Bandungers yang membawa mobil dapat diparkir di lahan parkir tepat di sebelah Gampoeng Aceh ini. Disediakan juga tempat parkir untuk motor. Hanya siapin aja uang parkir 2000 perak buat mobil. Karena parkir nya dikelola sendiri sama yang punya tanah di situ. Jadi tiket standar 1000 perak nggak berlaku.


Pelayanan
Hebatnya Gampoeng Aceh adalah jam bukanya itu lho. Buka 24 jam sehari. 7 hari seminggu. Jadi setiap saat Bandungers ngerasa lapar, mau itu pagi-pagi atau malem-malem, bahkan subuh-subuh, Gampoeng Aceh siap melayani Anda. Selain itu disediakan juga layanan delivery dengan minimum pembelian Rp. 35.000,- di area tertentu. Tinggal angkat telepon, lalu dibanting... eitsss ngga deng, pencet aja nomer 9132 3681.
Tempat duduk tidak begitu banyak, namun dengan lahan parkir yang cukup luas, kita bisa makan di dalam mobil. Sayangnya, ketika saya makan di sana kemaren ini pagi-pagi, banyak sekali lalat yang ngerubungin seolah-olah ingin turut menikmati Mie Goreng Spesial-ku.

Plus
  • Lokasi mudah dicapai.
  • Variasi makanan selain masakan asli Bandung.
  • Bisa delivery.

Minus
  • Tempat ramai karena terletak di Dago. Apalagi malem Minggu.
  • Kebersihan kurang terawat.

Total Penilaian (out of 10):
  • Rasa: 8/10
  • Harga: 8/10
  • Lokasi: 8/10
  • Pelayanan: 7/10

1 Comments:

At Monday, October 29, 2007 3:59:00 PM, Blogger opek said...

Menarik, se-kali2 boleh juga dicoba. Informasinya perlu lebih diperkaya nih dengan sering nongol, biar jadi referensi utama sisi lain Kota Bandung.

 

Post a Comment

<< Home